Sabtu, 14 April 2012

Tidur Idealnya Dalam Keadaan Gelap

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik lebih 2 kali lipat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, sekitar 500 anak muda berusia kurang dari 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan 100 orang diantaranya meninggal. Sebuah konferensi internasional terkait penyakit leukimia di London, UK., menyatakan bahwa orang menderita kanker salah satunya di picu oleh tidur terlalu lama menggunakan lampu dari pada tidak menggunakan lampu.

Apa yang terjadi jika tidur dengan menyalakan lampu?

Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh memiliki zat kimia alami untuk melawan kanker, yaitu zat melatonin. Dimana untuk memproduksinya dibutuhkan suasana gelap. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, dan lampu-lampu jalan dapat menurunkan bahkan menghentikan zat berharga ini.

Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menggantikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya. Seorang profesor dari Texas University yang bernama Prof. Russel Reiter telah memimpin sebuah penelitiandan mengatakan bahwa sekali manusia tertidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit, otak segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun.

Produksi zat melatonin pada umumnya terjadi pada jam 9 malam sampai dengan jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukan bahwa orang-orang yang paling beresiko terserang kanker adalah pekerja shift. Namun jika memang kita termasuk orang yang takut kegelapan disarankan menggunakan lampu berwarna kuning atau merah dan upayakan seredup mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates