Rabu, 14 Maret 2012

Mau Beli TV Layar Datar? Baca Dulu Artikel Ini

TV tabung yang terlihat gendut dan memakan tempat secara masif mulai ditinggalkan oleh masyarakat di Indonesia. Mereka beralih ke TV layar datar yang lebih tipis dan dapat berukuran sangat lebar. Namun masih banyak yang belum mengetahui teknologi yang digunakan oleh TV berlayar datar nan tipis itu, ada yang disebut TV Plasma ada yang disebut LCD, ada juga yang disebut dengan LED. Sebenarnya apa perbedaan mendasar dari ketiga teknologi tersebut?

LCD kependekan dari Liquid Crystal Display, dinamakan demikian karena memang TV ini menggunakan kristal cair antara panel layar TV yang akan aktif apabila dialirkan listrik yang selanjutnya akan mengeluarkan spektrum warna yang dikelola secara digital. Sementara LED kependekan dari Light Emitting Diode, dinamakan demikian karena TV ini bekerja pada platform yang sama dengan LCD namun cahaya berasal dari diode pemancar cahaya. Sementara TV Plasma bekerja pada platform yang sama sekali berbeda dengan LCD dan LED. Sebuah TV Plasma memiliki selembar individu sel plasma yang akan aktif mengelola cahaya ketika listrik dialirkan ke pesawat TV. Jadi secara teknologi TV Plasma sama sekali berbeda dengan TV LCD dan LED, dan TV LCD dan LED memiliki teknologi yang identik dan yang membedakan hanya pada back-light yang digunakan.

Contrast Ratio
TV Plasma memiliki contrast ratio yang lebih baik dari pada TV LCD dan LED. Contrast ratio merupakan kemampuan untuk menampilkan daerah kontras tinggi pada layar yaitu warna hitam dan putih. TV yang memiliki contrast ratio yang baik akan lebih baik dalam menampilkan perbedaan warna gelap dan terang. Sehingga dari sisi contrast ratio TV Plasma lebih unggul, disusul oleh TV LED dan terakhir LCD.

Viewing Angle
Ketika melihat TV, kita tidak selalu berada tegak lurus di depan TV, terkadang kita menonton TV secara bersama dan mengharuskan kita duduk di samping kanan atau kiri TV, sehingga sudut pandang menjadi sangat penting untuk dapat melihat gambar di TV secara jelas dari kemiringan posisi melihat. Dalam hal viewing angle TV Plasma lebih unggul dibanding yang lain.

Color
Kemampuan TV untuk menampilkan warna-warna yang cerah dengan lebih jelas dan bening menjadi alasan utama pembeli untuk membeli TV. Dari segi warna ketiga TV memiliki kualitas yang hampir sebanding, dan lebih tergantung pada harga TV, karena biasanya harga yang lebih mahal memiliki teknologi yang lebih baik, namun secara rata-rata LED menjadi pilihan yang paling diunggulkan.

Motion
Dalam menampilkan gambar bergerak lagi-lagi TV Plasma unggul karena memiliki sel-sel individu plasma yang mampu me-refresh pada tingkatan yang jauh lebih baik, disusul oleh LED dan LCD.

Power Consumtion
Plasma mengkonsumsi lebih banyak energi listrik untuk menghidupkan masing-masing sel individu, dan penggunaan energi akan semakin minimal untuk LCD dan yang paling hemat energi adalah TV LED.

Lifespan
Alasan lain untuk membeli TV adalah keawetan atau umur TV, dalam hal ini TV plasma harus mengakui keunggulan TV LCD dan LED, karena TV Plasma memiliki potensi burn-in (terbakar) yang lebih besar dibanding LED, sementara LCD memiliki peluang terbakar yang lebih kecil dari LED, sehingga dalam hal umur LCD adalah pemenangnya.

Price
Setelah mengetahui masing-masing keunggulan jenis TV, alasan untuk membeli lagi-lagi kembali pada harga yang dibandrol. Selama bertahun-tahin TV Plasma memiliki harga yang lebih rendah untuh ukuran yang sama. Namun pada perkembangannya TV LCD mengalami penyesuaian harga sehingga menjadi tidak terlalu berbeda, bahkan untuk ukuran yang lebih besar (diatas 32 Inch) TV LCD memiliki harga yang lebih murah. TV LED sebagai teknologi baru memiliki harga yang jauh lebih mahal, rata-rata 2 kali lipat harga LCD untuk ukuran yang sama.

TV Plasma
TV LCD
TV LED

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates