Sabtu, 03 Maret 2012

Facebook Uji Coba Fitur Pelacak Kerabat Saat Bencana











WowKeren.com - Saat terjadi bencana menghubungi kerabat untuk memastikan mereka dalam kondisi aman adalah hal yang sulit dilakukan. Tampaknya Facebook memahami masalah tersebut. Jejaring sosial itu pun membuat fitur Disaster Message Board dengan cara kerja seperti "Like". 



Cara kerjanya adalah mengirim pengingat pada pengguna untuk segera memberi tanda "SAFE" setelah terjadi bencana. Jika pengguna mengetahui teman lain dalam kondisi aman juga bisa mencentang tanda tersebut. Selain itu, bisa menambahkan detil tentang lokasi untuk menjangkau pengguna. 

Namun sementara ini fitur tersebut baru diuji coba secara nasional di Jepang. Tes itu dilakukan selama dua hari, 28-29 Februari, sehingga penggunaannya terbatas. Pengujiannya menggunakan konsep akses beberapa detik, mengingat jaringan internet yang sangat terbatas saat terjadi bencana. 

Fitur ini bukan pertama kali digunakan dalam situs jejaring sosial. Sebelumnya, aplikasi bernama Ushahidi bekerja dengan cara hampir serupa. Ushahidi diciptakan sebagai respons terhadap kekerasan yang terjadi di Kenya pasca pemilihan umum. 

Facebook belum memberikan keterangan kapan fitur ini akan dirilis untuk global. Jika benar bisa terwujud, tentunya ini akan sangat membantu di negara-negara rawan bencana.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates