Sabtu, 03 Maret 2012

Aplikasi Google Android Bisa Curi Foto Pengguna Smartphone

WowKeren.com - Masalah keamanan data pribadi pengguna gadget tengah jadi sorotan publik. Kali ini Android juga terkena masalah tersebut. Aplikasi milik Google itu dilaporkan bisa mencuri foto pengguna. 


"Kami mengkonfirmasi bahwa tidak ada ijin khusus bagi aplikasi untuk membaca foto," ungkap Kevin Mahaffey, Chief Technology Officer dari perusahaan Lookout, pembuat software keamanan untuk Android. "Ini berdasarkan temuan Lookout di seluruh perangkat yang kami uji." 

Selama aplikasi diizinkan untuk mengakses internet maka tidak akan ada permintaan izin untuk mengakses foto milik penggunanya. Sehingga aplikasi bisa dengan mudah menggandakan foto ke sebuahremote server tanpa mereka sadari. Namun, belum jelas aplikasi mana yang melakukan hal tersebut. 

Juru bicara Google mengaku tidak adanya pembatasan akses foto adalah pilihan desain yang berkaitan dengan cara awal ponsel Android menyimpan data. Kini mereka mempertimbangkan perbaikan untuk masalah itu. 

Isu serupa juga pernah menimpa perangkat iOS. Aplikasinya mempergunakan data lokasi, dapat mengakses buku alamat dan juga foto. Mulai kini pengguna lebih baik mulai berhati-hati dalam menyimpan dan mengunggah foto melalui gadget. (wk/mr)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates