Jumat, 24 Februari 2012

Ada Tugas Sekolah? Tenang .... Ada Wikipedia !

Tugas sekolah untuk mencari artikel di Internet tak menjadi masalah. Sekarang ada ensiklopedia gratis bernama Wikipedia. Apa dan siapa Wikipedia akan di- ulik disini. Situs ensiklopedia terbesar ini di gagas oleh Jimmy Wales yang lahir di Alabama, Amerika Serikat pada 7 Agustus 1966. Dibesarkan dikeluarga yang sangat menjunjung tinggi pendidikan telah menginspirasi Jimmy Wales untuk menciptakan Wikipedia.


Awalnya Wikipedia bernama Nupedia.com, yang merupakan ensiklopedia bebas yang dapat disunting oleh khalayak ramai, tetapi tetap diawasi oleh para ahli yang berkompeten di bidangnya. Dalam perjalanannya Jimmy Wales mendirikan Yayasan Wikipedia, yang merupakan lembaga non profit yang berpusat di St. Petersburg. Yayasan ini telah dudukung oleh banyak donatur untuk terus membuat setiap orang dapat mengakses ilmu pengetahuan yang telah diketahui oleh umat manusia secara bebas, sebagaimana tujuan awal Wikipedia dibentuk.

Hingga kini, Wikipedia telah memiliki lebih dari 11 juta artikel dalam 265 bahasa, dan dikunjungi lebih dari 280 juta orang dalam satu bulan. Dari mana artikel-artikel tersebut berasal ? Tentu saja dari para sukarelawan/kontributor yang dengan sukarela menyebarkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki secara gratis. Bahkan untuk terus meningkatkan kualitas layanannya, Pendiri Wikipedia tidak segan-segan untuk mencari sumbangan kepada para donatur, terutama kepada pembaca yang merasa telah menerima manfaat besar dari website ini. Sehingga Wikipedia dapat tetap bebas iklan dan mampu membayar trafik internet yang terus meningkat dan mengembangkan perangkat lunak yang dipergunakan sehingga mampu memudahkan pencarian dan keterbacaan konten dan memudahkan kontributor untuk menulis di Wikipedia.

Kini Wikipedia juga telah mengembangkan versi mobile yang lebih ringan dan lebih cepat, sehingga memudahkan siapa saja mengakses ilmu pengetahuan dimana saja dan kapan saja. Wikipedia versi mobile dapat di akses di mobile.wikipedia.org. Tidak berhenti disitu saja, Wikipedia telah mengemas informasi dan pengetahuan dalam bentuk CD, sehingga memudahkan untuk terhubung dengan Wikipedia tanpa koneksi internet.

Bagi Pelajar ditingkat SMA maupun Perguruan Tinggi, Wikipedia memiliki arti tersendiri. Ibarat perpustakaan gratis, Wikipedia mampu menjawap pertanyaan mereka. Mulai dari hal-hal yang terkait pelajaran di sekolah seperti Biologi, Geografi, Teknik, Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, maupun hal-hal yang spesifik, mutakhir dan populer pun terdapat di sini. Apalagi dengan fitur bahasa indonesia-nya, semakin mempermudah pengguna dalam mencari apa yang akan dicari di Wikipedia. Ah...senangnya ada Wikipedia!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates