Jumat, 24 Februari 2012

Apa Itu Android ?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata Android, makhluk apakah Android itu? Sebagian kita tentu bertanya-tanya apa sejatinya Android itu. Android merupakan sistem operasi yang dapat di implementasikan pada smartphone dan PC Tablet seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple, Blackberry OS dan Windows Mobile.

Android merupakan sistem terbuka dan tidak terkait pada satu merk saja. Kini sistem operasi tersebut telah dapat digunakan oleh vendor besar seperti Samsung, Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla dll. Bahkan kini handphone buatan China yang ada di pasaran juga telah mengadopsi Android sebagai sistem operasinya.

Sistem operasi Android berbasis linux dan bersifat open source, sehingga memungkinkan siapa saja untuk mengembangkan aplikasi pada perangkat seluler. Hal ini jugalah yang menyebabkan ponsel atau smartphone berbasis Android memiliki harga yang lebih murah.
Pada awalnya Android dikembangkan oleh Android.Inc namun pada tahun 2007, Google resmi mengambil alih Android.Inc dan telah membentuk Open Handset Alliance, yang merupakan konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak, telekomunikasi termasuk didalamnya Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile dan NVidia. Dalam perkembangnya Android mengalami evolusi, mulai dari versi 1.1, versi 1.5 (cupcake), versi 1.6 (donut), versi 2.0/2.1 (eclair), versi 2.2 (frozen yoghurt), versi 2.3 (gingerbread), versi 3.0/3.1 (honeycomb), versi 4.0 (ice cream sandwich).

Pada tahun 2012 sekitar 630 juta smartphone akan terjual diseluruh dunia, dimana diperkirakan sebanyak 49,2% diantaranya akan menggunakan OS Android. Data yang dimiliki Google saat ini mencatat bahwa 500.000 perangkat seluler berbasis Android diaktifkan setiap harinya di seluruh dunia dan nilainya akan terus meningkat 4,4% per minggu. Sementara di indonesia sendiri, perkembangan pengguna Android tidak secepat pengguna sistem operasi lainnya, pasar di Indonesia masih belajar dan membiasakan diri dengan sistem yang akan terus berkembang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates