Jumat, 24 Februari 2012

Twitteran Yuk

Siapa yang tidak mengenal Twitter, microblogging ini digunakan oleh anak kecil sampai Presiden Amerika. Dibanding dengan situs jejaring lainnya, Twitter memang tampil dengan "kesederhanaan" dan mempunyai beberapa keterbatasan, namun kondisi ini justru membuatnya kian populer. Pengguna bisa berkata apa saja dan memposting apa saja. Segi positifnya, Twitter dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan orang lain, mencari dan berbagi informasi, mempromosikan bisnis bahkan mencari pendamping hidup.

Menurut pemiliknya, Evan Williams, Twitter bukanlah jejaring sosial, tetapi merupakan jaringan informasi. Jadi Ia bukanlah kembaran Facebook, Friendster, MySpace, Multiply, Linkedln dll. Di halamannya, tidak semeriah jejaring sosial lainnya yang dapat menampilkan berbagai macam foto, video, wall, ataupun fitur lainnya, walaupun tidak menutup kemungkinan penambahan fitur-fitur yang sedang menjadi trend. Twitter hanya menawarkan status sebanyak 140 karakter yang sering disepbut "tweet" yang lebih menonjolkan sisi informasi yang dibawanya. Hal ini diperjelas melalui pertanyaan yang Twitter lontarkan yaitu "What's happening?"

Kepopuleran Twitter semakin menjadi semenjak kemunculannya pada Tahun 2006. Pertumbuhannya terhitung cukup fantastis dan mampu mengekor kepopuleran para pendahulunya, dan saat ini diklaim penggunanya telah mencapai 200 juta di seluruh dunia. Pengguna akun baru setiap harinya terus bertambah, rata-rata pertambahan pengguna Twitter mencapai 450.000 per hari, dan tweet yang dihasilkan mencapai milyaran per hari.

Kepopulerannya tentu tak lepas dari tokoh-tokoh publik figur yang gemar ber-tweet ria. Mulai dari aktris papan atas, politisi, media-media besar dan kini perusahaan-perusahaan ternama pun menggunakan Twitter. Terlebih lagi ketika Barrack Obama membuka akun di Twitter, hal ini membuat Twitter semakin elegan. Di Indonesia, Twitter bagaikan jamur di musim hujan, penggunanya merupakan yang terbesar di seluruh dunia, berhasil mengalahkan negara-negara seperti Brazil, Venezuela, Belanda, Jepang, Filipina, Meksiko dan Singapura.

Beberapa istilah dalam Twitter :

Tweet : Kalimat sepanjang maksimal 140 karakter yang kita tulis di Twitter. Dalam bahasa Indonesia Tweet sering disebut dengan istilah kicauan.

Following : Artinya kita sebagai pemilik akun Twitter, bersedia "mengikuti" pemilik akun lain dan akan menerima update status dari pemilik akun lain tersebut.

Follower : Artinya orang yang menerima update dari kita sebagai pemilik akun Twitter. Di dalam Twitter, kita bisa menjadi follower siapa saja, tetapi Twitter juga menyediakan fasilitas untuk menyeleksi siapa saja pemilik akun Twitter yang bisa menjadi followernya.

: Merupakan tanda yang berfungsinya untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada nama yang dimaksud.

ReTweet : disingkat RT, artinya mengulang, menulis kembali apa yang ditulis seseorang, bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah, penting, mempunyai makna khusus, atau sedang populer. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin diulang.

Hash Tags : dilambangkan dengan #, gunanya agar pengguna lain yang melihat bisa mencari topik sejenis yang ditulis orang lain dengan mudah.

#FollowFriday : adalah tradisi setiap hari Jumat dimana kita dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namatemanAnda) yang Anda rekomendasikan pada tweet kita.

TrendingTopics : Merupakan topik yang sedang dibicarakan banyak orang. Suatu tweet bisa menjadi Trending Topics, karena banyaknya orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

OverHeard : disingkat OH, artinya kita mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi kita tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).

Heard Trough: dilambangkan dengan HT , tiba-tiba kita teringat dengan kata-kata menarik yang diucapkan teman kita kemarin. Kita dapat menulisnya pada tweet dengan HT (singkatan Heard Trough). HT berbeda dengan RT, karena HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates